Mau Buka Usaha? Lakukan ini!

bisnis online
Di area globalisasi sekarang ini yang semakin susah buat nyari pekerjaan,  kalian bisa kok nyari uang jangan nyari pekerjaan. Kalo pekerjaan banyak mah gampang, sini pinjetin gue aja sob capek nih badan, wkwkwk. Enggak kok sob! becanda doang jangan baper yaa... oke sob, udah cukup becandaan ya buat refresh otak aje, dari pada luh bingung nyari pekerjaan cari pacar susah karena hidup luh aje udah payah, susah, buat makan aja ngutang di wartek hahaha.. yang ngerasa coba angkat tangan nya hehe, udah gak usah bingung sob! pengen kaya gak? bukan ngepet bukan pilihara tuyul loh ya . tapi buka usaha brother and sister, nah kalo udah buka usaha sendiri itu enak tau. ntar bisa jadi bos kalo usaha nya udah jalan ya. Sabar dong bray! karena usaha gak segampang luh ngerayu cewek atau tante2 *eh salah maksutnya anak kuliah yang masih seger-seger dong ya kaya ikan-ikan yang ada di pelelangan bang :v untuk memeulai usaha ada yang tau gak vrohh langkah awalnya?


       Nih gue kasih tau, langkah awal luh harus pilih dulu targetnya. barang temen-temen mau di jual ke siapa? kemana? dimana? caranya yaitu bidik pasar potensial nya sob contoh simpel nya luh mau jual produk kecantikan tapi luh nawarin nya ke abang-abang pos kampling. ntar kalo abang nya pake ihh... rempong cinn wkwk, enggaklah itu bukan gue banget ya sob! ya seharusnya luh jual ke mbak-mbak yang lagi pada nge-gosip tuh di deepan rumah itu baru ke siapa nya ya om. nih gu kasih tau 4 cara aje ya sayang, kok sayang? iya kan kita temen sesama temen haru selalu menyanyangi ya :-) uhh mas nya ini lucu deh jadi pengen nyium. iya, silahkan ;-) note : khusus cewek aja ya vrooh :v

Penentuan pasar potensial menjadi hal krusial bagi sobat-sobat yang calon pengusaha cieee.... nih buat kamu yang mau jadi pengusaha harus teliti ya dan jeli dalam membidik pasar potensial sebagai target calon konsumen luh. Hal ini didorong ketatnya persaingan pasar dan banyaknya peluang usaha baru yang muncul ya guys. Dengan itu, brother and sister yang calon pengusaha ini, ciee ciee... kamu bisa menawarkan produk atau jasa yang tepat untuk di pasarkan. kualitas, keungugulan, harga maupun pelayanan dari produk atau jasa yang anda tawarkan kepada calon konsumen bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut ya gan.

Apabila gagal menentukan target pasar yang tepat, maka produk atau jasa tidak akan bisa di sergap dengan maksimal oleh konsumen. kombinasi target pasar dan produk yang tepat bisa mendatangkan transaksi maka brother and sister bisa mendapatkan keuntungan yang besar bisa jadi bos besar juga deh :-D baca sampai bawah ya bro!

4 tips secara tepat bidik yang bijak dan tepat :


1). Kejelasan produk atau jasa yang di tawarkan 


     Pastikan produk dan jasa yang dimiliki brother and sister harus memungkinkan untuk diterima oleh target pasar. Munculkan aspek keunggulan nilai lebih, manfaat, kelemahan serta potensi dari produk dan jasa yang sobat tawarkan, beserta keunikan dan inovasi yang tidak dimiliki kompotitor lain nya guys. Pastikan poin-poin tersebut bisa membuat produk diterima dengan baik dan menjadi alasan target konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dan jasa kita.

Keunggulan yang menjadi pembela kita dengan produk sejenis harus bisa membuat merek (brand) kita muncul dibenak target pasar tujuan gan. Saat ini banyak bidang usaha yang menawarkan produk serupa dengan konsep yang lebih berbeda.

Hal ini berkaitan dengan product knowledge, kenali dulu produk jasa atau sebelum memasarkan. saat mengetahui betul manfaat dari suatu produk, kita akan lebih untuk menawarkannya kepada target pasar.


2). Pilih satu target pasar spesifik

     Fokuslah pada target pasar tertentu. Banyak usaha yang gagal berkembang karena tidak mempunyai komitmen untuk fokus kepada target pasar yang di bidik ya vrooh. target pasar sangatlah luas, kita akan kesulitan jika berusaha mengejar semua target pasar dengan selera, keinginan dan kebutuhan yang beragam.

Tentukan satu pasar yang lebih spesifik untuk mengoptimalkan keunggulan dan memenangkan persaingan pasar. misalnya gini ya guys produk fashion baju batik yang akan dipasarkan membidik kepada remaja wanita yang status ekonominya menengah ke atas. Maka dari itu optimalkan kualitas produk (bahan, motif dan model) sesuai dengan selera, kebutuhan dan keinginan mereka. Untuk harga lebih tinggi tidak akan menjadi masalah, asalkan kualitasnya harus bagus.

Mungkin beberapa pengusaha mengklaim produk nya bisa digunakan oleh semua kalangan, namun ini terlalu luas.semua kalangan bisa berarti anak-anak sampai dewasa, kalangan status ekonomi bawah sampai atas. Tidak semua produk anak-anak cocok untuk kalangan dewasa, begitu juga sebaliknya. Bidik target pasar yang lebih spesifik lagi, fokus pada satu kalangan saja agar bisa mengoptimalkan keunggulan produknya dan mampu memenuhi kebutuhan dan keinginanya konsumen yang akan dituju.

Strategi promosi yang di jalankan pun bisa disesuaikan dengan target pasar spesifik yang dituju. Saat memperkenalkan merek dari produk kita, pesan bisnis harus bisa menjaku mereka. pesan jelas meliputi karakteristik produk yang ditawarkan dan alasan mengapa konsumen harus memilikinya.


3). Kenali pangsa pasar 

     Pahami betul karakter, selera, kesukaan, kebutuhan dan keinginan target pasar di lapangan untuk memenangkan persaingan pasar. brother and sister bisa melakukan survey pasar terlebih dahulu untuk mengenai pangsa pasar yang hendak di bidik. Lebih mudah lagi jika sebelum nya kita sudah mengenali pasar yang ditinjau.

Jika pangsa pasar kita adalah ibu rumah tangga, maka kenali segala kebutuhan yang diperlukan oleh ibu rumah tangga. Misalnya produk yang ditawarkan adalah alat untuk memasak, maka harus disesuaikan alat masak seperti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh ibu rumah tangga yang menjadi target pasar. 

Penentuan harga jual bisa lebih mudah ketika sudah mengenali pasar tujuan. Jika ibu rumah tangga, tawarkan produk bermanfaat dengan harga terjangkau tanpa mengurangi kualitasnya. Bisa juga menawarkan produk dengan kemasan kecil yang terjangkau, dari pada kemasan besar dengan harga yang lebih mahal.


4). Utamakan target pasar yang terjangkau  


     Utamakanlah target pasar yang lebih mudah untuk dijangkau, seperti konsumen lokal misalnya. Sebelum melakukan perluasan jangkauan pasar secara nasionalis atapun internasional . Dengan demikian keunttungan bisa lebih besar karena ongkos transportasi atau distribusi bisa lebih rendah.

Internet memang bisa memudahkan pasar pengusaha untuk menjangkau pasar seluas mungkin dengan cara yang terbilang mudah dan murah. Namun sebaiknya sabar menunggu sampai pasar lakal bisa dikuasai terlebih dahulu.

Oke sob, nyampe sini aje ye gue jelasin nye. luh coba aja dulu semoga sukses brother and sister jangan lupain masnya yang lucu yang nulis ini ya wkwk :v good luck guys ;-)


Komentar

Postingan Populer